Hadapi Bonus Demografi melalui Sekolah Siaga Kependudukan

Sumber : rri.co.id

Penandatanganan Deklarasi Launching Sekolah Siaga Kependudukan SMP Negeri 1 Salatiga

Sekolah Menengah Pertama Negri 1 Kota Salatiga Jawa Tengah dicanangkan sebagai Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) oleh Walikota Salatiga Yulianto SE, MM.

Pencanagan di lakukan saat launching dan sosialisasi SSK di Aula SMPN 1 Salatiga, Rabu (4/11/20).

Walikota dalam sambutanya mengatakan pendidikan kependudukan dinilai penting untuk dipahami oleh para siswa agar semakin peka terhadap kondisi demografi serta permasalahan yang menyertainya.

Terlebih Indonesia bersiap menyongosng puncak bonus demografi di tahun 2020-2035, sehingga kalangan pelajar harus disiapkan dari sekarang.

“Sekarang ini Mars atau lagu KB kurang dikenal bagi generasi milenial, tentu dengan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) ini kalangan pelajar akan mengerti pentingnya pengendalian penduduk saat menghadapi Bonus Demografi,” ungkap Yulianto

Menurut Walikota Yulianto, SSK tersebut sejalan dengan pencanangan pemerintah dalam mendukung program Indonesia Emas, dalam menciptakan generasi muda yang unggul dan berkualitas.

“bonus demografi hanya dapat dimanfaatkan jika tersedia sumber daya manusia yang unggul dan memiliki karakter kuat, sehingga aspek pembangunan dapat dikelola dan membuka peluang baru untuk kesejahteraan,” pungkasnya

Sementara itu, Sekretaris Perwakilan BKKBN Jawa Tengah Rustamadi, SH., MM menjelaskan, konsep Sekolah Siaga Kependudukan bukan menambah mata pelajaran, namun mengintegrasikan isu kependudukan dalam mata pelajaran yang sudah ada.

“Ya jadi contoh, misalnya mengintegrasikan isu kependudukan dan pembangunan keluarga dalam pelajaran geografi, sosiologi atau ilmu pengetahuan sosial, sedangkan pengetahuan kesehatan repoduksi pada pelajaran biologi,“ ungkap Rustamadi.

Upaya tersebut, dapat memberikan edukasi kepada siswa tentang kependududkan, termasuk upaya pencegahan pernikahan dini dikalangan remaja yang masih cukup tinggi, tuturnya.

Hadir dalam launching dan sosialisasi tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga Yuni Ambarwati, SH., Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Salatiga, Wahyu Risnani, SE., Koalisi Kependudukan Kota Salatiga, Forum Antar Umat Beragama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan (FAPSEDU), Kepala SMPN 1 Salatiga serta para Kepala Sekolah se Kota Salatiga.

Live Streaming Launcing Sekolah Siaga Kependudukan SMP Negeri 1 Salatiga Tahun 2020

Share the Good News!

Post Author: disdaldukkb